Lyrics
Radio
Zodiac

Minum Susu Bisa Sebabkan Obesitas? Apakah Benar?

Posted On : Health - idpelago | Nov 22, 2019

Anda pasti pernah mendengar perkataan seperti "jangan minum susu, nanti gemuk loh!", Ternyata sepotong kata ini sangat melekat pada alam bawah sadar kebanyakan orang sehingga untuk mengonsumsi saja seperti memiliki momok tersendiri.

Namun, apa benar adanya bahwa susu dapat menyebabkan obesitas? Seala Septiani M.gizi memaparkan bahwa susu yang dapat menyebabkan obesitas adalah susu yang telah mengalami proses penambahan gula.

Susu murni tidak menyebabkan obesitas, ia justru malah mencegah terjadinya obesitas karena kandungan alami seperti Omega 3, Kalsium dan mineral lainnya.



Susu murni diketahui sebagai sumber protein kedua setelah telur. Selain itu, minuman dengan warna khas putih ini juga merupakan sumber alami kalsium untuk kesehatan tulang. Susu juga menjadi sumber terbaik untuk fosfor sebagai mineral yang dibutuhkan tubuh.

"Fosfor adalah mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang, gigi, metabolisme energi dan protein, serta perbaikan DNA yang rusak," tambah Seala.

Tidak hanya itu, ternyata manfaat lain dari susu adalah untuk melancarkan pencernaan, membuat tubuh terhidrasi, menetralisir racun, mengurasi stres, dan memperbaiki jaringan sel yang rusak.

Dalam data yang disebutkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam 100 gram susu sapi cair terdapat lemak total 3,5 gram dengan kolesterol sebanyak 11 mg. Bandingkan dengan 100 gram susu bubuk full cream yang mengandung 30 gram lemak dan 85 mg kolesterol. Prinsip utama pemilihan susu adalah bahwa susu alami lebih baik. Perhatikan juga aspek keamanan pangan dan jangan takut untuk mengonsumsi susu karena kaya akan zat gizi.



Namun demikian, salah satu kekurangan susu alami adalah adanya kemungkinan kontaminasi yang tinggi. "Yang merusak (susu) adalah gula tambahannya. Semakin banyak susu diproses, zat gizi khususnya vitamin akan rusak. Namun, makin sedikit diproses, kemungkinan kontaminasi lebih tinggi," papar Seala.

Selain itu, konsumsi susu juga harus diimbangi makanan dengan kandungan karbohidrat, protein dalam lauk, sayur, dan buah-buahan. Diimbangi juga dengan olahraga, rajin memantau berat badan, serta kebiasaan sehat mencuci tangan.

 0 Komentar  10
Login To Leave a Comment, Login Now
There are 0 replies

Be The First To Leave A Comment...