Lyrics
Radio
Zodiac

Startup Butuh Pendanaan? Yuk Simak 5 Cara Cerdas Untuk Mengaet Minat Para Investor Startup!

Posted On : Startup - hsetiawan | Jun 7, 2019

Para founder maupun pendiri perusahaan rintisan ataupun lebih dikenal dengan Startup tentu sangat mendambakan yang namanya pendanaan dari para investor startup kan. Tapi untuk mendapatkan pendanaan dari para investor itu ternyata tidaklah segampang membalikan telapak tangan, karena ada banyak startup diluar sana yang mengalami kesulitan untuk mengaet dana segar dari para investor.



Mendatangkan investor memanglah tidak mudah. Tapi jika dapat membuat sebuah persiapan dengan baik, maka peluang anda untuk membuat para investor melirik bisnis anda menjadi terbuka lebar.

Bagaimana langkah-langkah yang harus anda lakukan agar mendapatkan bantuan dari para investor startup? Berikut ulasannya.

1. Paparkan Sebuah Model Bisnis, Tidak Hanya Ide Saja

Bagi startup, langkah pertama yang dapat dilakukan agar dapat mengaet para investor startup adalah dengan memaparkan bagaimana bisnis model yang akan anda gunakan untuk membuat pemasukan bagi startup anda. Investor adalah orang yang ingin menikmati keuntungan dari pengelolaan startup anda jadi wajar kalau mereka hanya akan tertarik dengan sebuah konsep bisnis yang menguntungkan daripada hanya sebuah ide atau gagasan.

Pada saat anda hendak menarik investor untuk memberikan pendanaan bagi startup anda. Satu hal yang harus anda ingat adalah untuk memberikan sebuah bisnis model yang jelas dan menguntungkan. Jangan lupa juga untuk memahami secara detail setiap bagian dari sistem kerja usaha rintisan anda karena inilah yang akan menjadi tolak ukur bagi para investor untuk memahami bagaimana hambatan dan optimisme anda dalam melihat peluang startup anda.

2. Tunjukkan Cash Flow Perusahaan Anda

Para investor startup pada dasarnya adalah orang - orang yang ingin memberikan pendanaan pada startup yang stabil secara cash flow, bukan yang baru-baru memulai. Startup yang stabil adalah startup yang sudah memiliki dana untuk menjalankan bisnisnya para investor. Nah jika anda ingin investor datang hanya untuk menjalankan roda usaha anda maka hal tersebut akan sangat sulit untuk terkabul.

Jadi pada saat and mengajukan permohonan pendanaan kepada para investor, ada baiknya anda pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan rintisan anda bermasalah dengan dana atau tidak. Anda dapat membuktikan hal ini dengan cara menunjukan cash flow perusahaan anda kepada para investor maka besar kemungkinan investor akan tertarik dan bersedia mendanai usaha startup anda.

3. Perjelas Apa Kebutuhan dan Keinginan Anda

Pada saat anda ingin mendapatkan pendanaan dari investor, tentu saja anda harus terlebih dahulu jelas dengan apa maksud dan tujuan anda. Disini anda dituntut untuk memperjelas apa sih anda kehendaki bila mendapatkan pendanaan dari para investor. Apakah itu untuk menambah kebutuhan sumber daya logistik dan gaji pegawai? Atau anda tidak hanya mencari investor yang mempunyai modal namun juga investor yang mempunyai nasihat dan relasi bisnis? Dengan kemampuan anda untuk memperjelas apa yang menjadi tujuan dan kebutuhan bisnis startup anda, maka anda akan lebih cepat mendapatkan calon investor yang pas dan sesuai dengan anda.

4. Adakan Riset Tentang Investor Startup

Dengan menentukan tujuan dan kebutuhan startup anda itu tidaklah cukup dengan hanya dengan mendapatkan investor startup, bahkan investor yang tepat sekalipun tidak menjamin hal tersebut. Anda perlu untuk melakukan riset dan pemaparan tentang beberapa investor yang ada. Usahakan untuk sering menghadiri seminar-seminar investor, konferensi, dan acara networking untuk belajar bahkan berinteraksi dengan investor sebelum mendekati mereka untuk berinvestasi.

Dengan anda melakukan peneletian dan mempelajari tentang calon investor anda, anda akan hadir dengan pemahaman akan faktor-faktor penting apa saja yang bisa dijadikan sebagai cara jitu mengaet investor yang sedang anda incar.

5. Jabarkan Strategi Dan Visi Anda Sebaik Mungkin

Pada langkah terakhir ini, agar anda dapat memperoleh pendanaan dari investor startup adalah dengan menjabarkan strategi dan visi startup anda. Investor pada umumnya akan menanyakan apa visi dan misi dari startup anda. Ketika anda dapat menyampaikan visi dan misi startup anda dengan baik maka besar persentase investor akan tertarik dengan ide startup anda.

Ingat untuk selalu mengusahakan adanya keseimbangan antar visi dan misi. Visi adalah pandangan dan tujuan akhir pada usaha startup. Sedangkan misi adalah usaha-usaha dan strategi yang akan anda jalankan untuk mewujudkan visi tersebut.

 0 Komentar  11
Login To Leave a Comment, Login Now
There are 0 replies

Be The First To Leave A Comment...