Lyrics
Radio
Zodiac

16 Cara Mendidik Anak yang Nakal Agar Menjadi Penurut, Yuk Parent Di Simak..

Posted On : Parenting - idpelago | May 22, 2019

Setiap orang tua, pastinya ingin memiliki anak yang baik dan penurut. Untuk anak pra sekolah, biasanya memiliki rasa ingin tahu yang besar dan tak jarang semua keinginan mereka harus dituruti, jika tidak mereka akan mengamuk.

Terkadang orang tua kewalahan dan tidak tahu cara mengatasi anaknya yang nakal dan suka membangkang. Jika anda memiliki anak yang nakal dan sulit diatur, cobalah lakukan hal-hal berikut agar anak anda menjadi penurut.

1. Cegah sebelum terjadi



Sebelum anak menjadi nakal, sebagai orang tua anda harus melakukan pencegahan. Anak pada usia pra sekolah biasanya hiperaktif, sering rewel jika kelelahan, dan bahkan mengamuk jika keinginannya tidak dituruti. Untuk mencegah semua hal tersebut, anda harus menentukan jam istirahat untuk anak merancang kegiatan untuk menyalurkan sikap hiperaktif anak.

2. Jangan memberi predikat negatif kepada anak



Hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang tua ketika anaknya berbuat nakal adalah memberi predikat negatif seberti menyebutnya "bandel" atau "nakal". Mungkin sepele, tetapi dengan predikat negatif yang sering ditujukan padanya, akan membuat alam bawah sadar anak akan merekam dan mengakui predikat tesebut sehingga kenakalannya semakin mendarah daging.

3. Buat aturan



Agar perilaku anak menjadi lebih terkendali, tetapkan sebuah aturan yang membuat anak anda paham mana hal baik dan mana hal yang buruk untuk dilakukan. Beri penjelasan kepada anak bahwa berteriak boleh saja berteriak tapi harus pada tempatnya, seperti saat menonton pertandingan olahraga. Dengan begitu, anak akan menjadi tahu kapan dan dengan kondisi seperti apa dia boleh melakukan sesuatu.

4. Ajarkan kata "maaf” dan “terima kasih”



Jika anda menginginkan anda berperilaku baik, anda harus mendidiknya sejak dini. Hal kecil namun berpengaruh dalam membentuk karekter anak yang baik adalah dengan mengajarkannya untuk meminta maaf saat ia melakukan kesalahan. Selain itu, ajarkan juga kepada anak cara meminta tolong dengan sopan kepada orang lain dan berterima kasih setelahnya.

5. Berikan pujian



Saat anak berperilaku baik, jangan sungkan untuk memberi sedikit pujian terhadapnya. Dengan begitu lama-kelamaan anak akan mengerti hal baik seperti apa yang anda sukai, dan akan mengulanginya terus menerus sehingga menjadi karakter yang baik untuk anak.

6. Terapkan sistem hadiah dan hukuman



Untuk membentuk karakter positif, anda perlu menerapkan sistem hadiah dan hukuman kepada anak. Contih kecilnya, saat anak anda tidak rewel dan penurut, berikan ia makanan kesukaannya. Sebaliknya, saat dia mulai berperilaku nakal, tegur ia dan jangan memberikan snack yang biasa ia dapatkan. Dengan hal yang sederhana seperti itu, akan membuat anak enggan melakukan kesalahan dan akan termotivasi menjadi anak yang penurut.

7. Jangan memanjakan anak



Anak yang sering memberontak umumnya terjadi karena ia sudah mulai berpikir dan memiliki keinginan yang menurutnya pantas ia dapatkan. Menuruti keinginan anak selama itu tidak merugikan dirinya dan orang lain, sah-sah saja, tetapi bukan berarti semua keinginan anak harus anda penuhi. Beri arahan kepadanya, bahwa tidak semua yang ia inginkan harus ia dpatkan, agar anak tidak tumbuh menjadi sosok yang egois.

8. Ciptakan kegiatan rutin untuk anak



Untuk mencegah anak berperilaku negatif, bisa dengan menciptakan kegiatan rutin yang positif untuk anak. Dengan melakukan aktivitas positif dan teratur, akan membentuk sifat dan perilaku anak kearah yang positif.

9. Lakukan kegiatan bersama anak



Anda juga perlu berpartisipasi dalam kegiatan anak. Hal ini sangat penting agar anak dapat merasakan keluarga yang hangat sehingga ia tumbuh menjadi anak yang kecerdasan emosionalnya baik.Pilihlah kegiatan yang dapat membuat anda dan anak menjadi dekat seperti mengajaknya bermain, berbelanja dan jalan-jalan bersama. Dengan demikian, anak akan dengan mudah mengikuti perkataan orang tuanya.

10. Beri perhatian kepada anak



Berikutnya yang sangat penting untuk mengatasi anak nakal adalah dengan memberinya perhatian lebih. Anak-anak biasanya punya keingin tahuan yang bedar terhadap segala sesuatu. Untuk itu, jika anak anda menanyakan sesuatu, anda harus dapat menjawabnya dengan baik dan jangan mengabaikannya. Jika Anda memberikan respon yang baik dalam berkomunikasi dengannya, ia pun akan dengan mudah menuruti perkataan anda dan menjadi anak penurut.

11. Jangan menggunakan kekerasan



Perilaku anak yang nakal dan sulit diatur kerap membuat orang tua emosi dan tanpa sadar melakukan kekerasan. Hal tersebut sangat tidak baik untuk perkembangan psikis anak, alam bawah sadar mereka akan menyimpan memori bahwa masaah bisa diselesaikan dengan kekerasan. Cukup tunjukkan sikap bahwa anda kecewa dengannya atau memberikan hukuman ringan yang membuatnya jera.

12. Konsisten



Dalam menghadapi perilaku anak yang nakal, anda harus konsisten. Jangan bosan untuk mengarahkan dan mendisiplinkan anak anda. Jika anda konsisten menanamkan nilai-nilai yang baik terhadap anak, maka anak lama-kelamaan akan semakin disiplin dan enggan berbuat nakal.

13. Biarkan ia memilih



Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda, termasuk hal-hal yang mereka sukai. Anda harus menghargai pilihan mereka dan jangan memaksakan pendapat anda. Misalnya saat membeli baju, tanyakan pada anak baju mana atau warna apa yang ia inginkan, jangan membelikan baju yang tidak ia sukai. Dengan demikian anak akan merasa dihargai dan tidak dikekang.

14. Alihkan perhatian



Saat anak mulai rewel dan merengek, jangan lantas memarahinya, anda bisa coba alihkan perhatian mereka sejenak. Anda bisa mengajaknya bermain atau membuat ia tertawa hingga ia lupa akan hal yang membuatnya rewel. Hal ini sangat baik untuk memperbaiki mood anak sehingga mereka menjadi tenang kembali.

15. Ada saatnya mengalah



Terkadang ada waktu dimana anak menjadi sangat tidak terkendali, jika sudah seperti ini tidak ada salahnya jika anda mengalah dan menuruti keinginannya. Karena jika anda terus-terusan melarang keinginannya, bukan tidak mungkin ia akan merasa bahwa anda tidak menyayanginya dan berkecil hati.

16. Hindarkan anak dari teman yang nakal



Saat anak mulai bergaul dan bermain bersama teman-temannya, anda harus tetap mengawasi, jangan sampai ia bergaul dengan anak yang nakal. Karena lingkungan atau teman yang tidak baik bisa membuat anak terpengaruh dan menjadi nakal. Tak jarang anak meniru perilaku teman bermainnya, jika ia berperilaku buruk setelah bergaul dengan nak tertentu, beri ia pengertian dan sebisanya jauhkan anak anda darinya.

 0 Komentar  21
Login To Leave a Comment, Login Now
There are 0 replies

Be The First To Leave A Comment...