Lyrics
Radio
Zodiac

15 Cara Mudah dan Aman Untuk Mengatasi Cegukan Pada Buah Hati Anda

Posted On : Parenting - idpelago | Mar 27, 2019

Cegukan adalah penyakit tubuh yang mana biasanya terjadi bila terlalu terburu-buru saat makan. Cegukan terjadi karena adanya reaksi otot-otot diafragma. Di saat cegukan, diafragma menjadi mengencang dan mengeluarkan suara yang khas. Cegukan yang terjadi pada bayi nyatanya tidak terlalu berbahaya ataupun mematikan. Berikut ini cara mengatasi bayi cegukan.

1. Tidak Terburu-buru



ini akan mengakibatkan bayi mengalami cegukan. Orang tua perlu bersabar dalam memberi makanan dengan memberi jeda untuk memberi kesempatan bayi mengunyah makanan dengan baik. Bayi sendiri tidak bisa mengunyah makanan dengan cepat dibandingkan dengan orang dewasa.

2. Menepuk Punggung



Di saat bayi mengalami cegukan yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah menepuk punggungnya. Hal yang pertama perlu dilakukan oleh orang tua adalah dengan mengendong bayi dalam keadaan berdiri kemudian taruh kepala bayi pada pundak orang tua. Setelah itu tepuk punggung bayi secara pelan-pelan. Tepuk pundak bayi secara berulang-ulang hingga cegukan hilang. Cara ini sendiri tidak mengakibatkan efek pada bayi.

3. Memeluk



Tidak hanya orang dewasa saja yang perlu mendapatkan kehangatan dengan cara pelukan. Ternyata bayi pun juga perlu mendapatkan pelukan dari orang tersayang untuk menghilangkan cegukan. Pelukan sendiri dipercaya sebagai obat alami untuk menghilangkan cegukan pada bayi. Tunggu hingga beberapa menit maka cegukan akan hilang dengan sendirinya.

4. Menentukan Posisi Nyaman



Menyusui Ketika bayi menyusui dengan bayinya pastinya banyak sekali udara yang akan masuk melalui mulut. Bila bayi sering mengalami cegukan, orang tua perlu memperhatikan posisi bayi saat menyusui apakah sudah nyaman atau belum. Hentikan menyusui bila bayi masih mengalami cegukan hingga menemukan posisi nyaman untuk keselamatan bayi itu sendiri.

5. Posisi Menyusui dengan Tepat



Posisi menyusui yang benar saat menyusui perlu diketahui oleh semua ibu. Cegukan bayi bisa timbul diakibatkan oleh salahnya posisi bayi saat menyusui. Selain kesalahan menyusui yang menimbulkan cegukan pada bayi ternyata juga dapat melukai ibu sendiri. Oleh karena itu, seorang ibu juga perlu mempunyai pengetahuan yang cukup di saat menyusui.

6. Pola Makan Secara Teratur



Sedari kecil bayi juga perlu diatur untuk makan. Tidak baik bila hanya makan disaat lapar. Ada baiknya bila bayi dibuatkan jam makan secara teratur sehingga perut akan terbiasa untuk menerima makanan dengan baik. Cegukan sendiri dapat timbul bila lambung sakit karena kosong perutnya ataupun penuhnya dengan makanan.

7. Botol Susu yang Tepat



Bila bayi sudah bisa meminum dengan botol susu, ada baiknya bila orang tua memperhatikan betul botol susu dengan benar apakah sesuai dengan kondisi bayi atau tidak. Botol yang baik mempunyai lubang kecil pada botol. Cegukan saat meminum susu melalui botol susu bisa saja terjadi karena bayi meminum dengan tergesa-gesa tanpa memikirkan ritme pernapasan secara perlahan-lahan yang mana sesuai dengan kondisi mulut si bayi. Oleh karena itu, di sinilah peran orang tua untuk menentukan botol susu yang baik untuk sang bayi.

8. Tenang



Pada saat bayi mengalami cegukan yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah tenang. Hal ini akan membuat kondisi sang bayi menjadi tidak panik saat mengalami cegukan. Bila perlu orang tua memberikan usapan kepada dada sang bayi agar cegukan bisa hilang. Kunci utama cegukan pada bayi bisa hilang adalah ketenangan oleh orang tua. Bila orang tua panik maka sang bayi akan ikut merasakan panik.

9. Membiarkan Sembuh Sendiri



Salah satu hal yang dapat dilakukan ibu agar cegukan pada bayi hilang adalah dengan cara membiarkannya. Beberapa cegukan pada bayi dapat hilang dengan sendirinya selama beberapa menit. Ibu dapat mengajak bermain bayi dengan cara membuka dan menutup mulut. Di saat itulah bayi akan merasa bahwa cegukan yang dirasakannya sangatlah tidak berbahaya.

10. Memijat Alis



Cara mengatasi cegukan pada bayi yang lainnya adalah memijat alis bayi. Hal ini sangat berguna untuk membuat bayi bernafas dengan baik. Pemijatan yang dilakukan kepada alis perlu dilakukan dan jangan terlalu keras agar tidak membuat nangis sang bayi. Pemijatan ini juga akan membuat bayi menjadi nyaman. Pijat alis hingga cegukan berhenti.

11. Mendirikan Tubuh



Cara lain menghilangkan cegukan dengan cara mendirikan tubuh bayi ataupun dengan cara menggendong bayi dalam keadaan berdiri. Tubuh bayi sendiri harus ditegakkan dan kepala di taruh pada pundak orang tua. Diamkan bayi hingga bayi tidak mengalami cegukan lagi. Pastikan bila bayi merasa nyaman dengan posisinya tersebut.

12. Bersendawa



Untuk mengurangi cegukan pada bayi tidak menjadi parah adalah dengan cara membuat bayi bersendawa. Bersendawa dapat membuat bayi membuang gas yang ada di dalam perut.

13. Luruskan Punggung



Meluruskan punggung bayi dapat menjadi solusi untuk mengatasi cegukan pada bayi. Bayi dapat di taruh pada kasur dan bayi di tengkurapkan. Diamkan bayi hingga cegukan hilang sendiri.

14. Mengajak Bermain



Bisa saja bayi merasa stress sehingga bayi mengalami cegukan. Dalam hal ini orang tua dapat mengajak bermain dengan sang bayi. Bayi yang stress berpotensi untuk mengalami cegukan. Di samping itu orang tua juga perlu mengetahui apakah sang bayi sedang stress atau tidak.

15. Menyesuaikan Suhu



Cara mengatasi cegukan pada bayi yang terakhir adalah menyesuaikan suhu. Perubahan cuaca yang tidak menentu dapat menimbulkan bayi mengalami cegukan. Bayi yang tak terbiasa mendapatkan suhu panas yang mana biasanya hidup di suhu udara dingin pastinya akan membuat bayi menjadi kaget.

Login To Leave a Comment, Login Now
There are 0 replies

Be The First To Leave A Comment...