Lyrics
Radio
Zodiac

Mau Jadi Beauty Blogger? Yuk Ikuti Caranya Disini, Ternyata Gak Sesusah yang Kamu Bayangin Loh

Posted On : Internet - zemira.cahyadi | Mar 23, 2019

Industri kecantikan di Indonesia mengalami perkembangan cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Banyak sekali brand-brand indie kecantikan muncul ke pasaran dan mencuri perhatian beberapa wanita.

Jika dulu pilihan kosmetik lokal wanita Indonesia masih terbatas, sekarang ini justru wanita dibanjiri dengan banyaknya pilihan kosmetik, baik dari lokal maupun internasional, dari harga murah hingga yang cukup menguras dompet.

Dengan perkembangan digital marketing, brand kecantikan berlomba-lomba untuk memperkenalkan dan memasarkan produk melalui sosial media atau dengan menggandeng influencer-influencer mulai dari blogger hingga youtuber untuk mempromosikan produknya.



Tak heran jika profesi sebagai influencer seperti blogger banyak diminati oleh milenial. Pekerjaan sebagai blogger tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Blogger yang sukses memiliki influence besar terhadap para pembaca dan followernya misalnya mempengaruhi keputusan dalam berbelanja. Selain itu blogger memiliki akses ke produk-produk baru, diundang menghadiri product launch, dan yang terpenting profesi ini bisa mendatang penghasilan yang menggiurkan terutama jika blog sudah memiliki nama.

Tertarik untuk menjadi beauty blogger? Tips-tips ini akan membantu kamu untuk bisa ngeblog secara optimal

Menentukan Tema Blog dan Target Audiens



Industri kecantikan bisa dibilang luas, ada banyak yang sekali bisa dijadikan tema untuk blog. Mulai dari kosmetik, perawatan wajah, perawatan badan, perawatan rambut, perawatan kuku, suplemen kecantikan.

Dari masing-masing sub kategori ini pun, kamu masih bisa memilih tema yang lebih spesifik. Misalnya saja jika ingin membahas tentang kosmetik, maka kamu masih bisa membagi menjadi kosmetik lokal, luar negeri, kosmetik korea, kosmetik halal, kosmetik vegan, dan masih banyak lagi. Pilih tema yang kamu minati dan sukai, sehingga saat membuat konten kamu bisa kreatif dan menikmati prosesnya.

Biasanya beauty blogging identik dengan konten dalam bentuk review produk, namun kamu juga bisa mengambil angle yang lebih spesifik misalnya swatches atau tutorial.

Hal penting lain yang perlu dilakukan sebelum memulai blog adalah memahami siapa target audiens blog. Untuk itu kamu bisa memetakan berdasarkan usia. Misalnya kamu bisa menulis untuk audiens remaja dan milenial. Bisa juga menargetkan audiens dengan demografi usia yang lebih tua, misalnya untuk wanita umur 30 ke atas.

Penting untuk menargetkan audiens blog karena setiap kategori audiens memiliki kebutuhan dan concern yang berbeda, sehingga strategi yang digunakan pun akan berbeda. Apabila target blog kamu usia remaja dan milenial, maka gaya penulisan konten, desain blog, serta kategori produk yang akan dibahas juga akan berbeda dengan audiens umur 30 ke atas.

Membuat Blog
Langkah penting dalam membuat blog adalah menentukan dimana kamu akan membuat blog. Beberapa pilihan populer yang biasanya dipilih adalah blogger dan wordpress. Blogger dan Wordpress.com mudah digunakan, bahkan untuk pemula, namun opsi untuk kustomisasi cukup terbatas.

Pilihan paling aman adalah dengan menggunakan wordpress.org atau wordpress self-hosted, karena kamu memiliki kontrol penuh terhadap blog, termasuk cara-cara melakukan monetisasi.

Setelah menentukan dimana kamu akan memulai blog maka langkah selanjutnya adalah membeli domain dan hosting.

Domain merupakan identitas dari setiap blog atau website. Oleh karena itu pilih nama domain yang sesuai dengan tema blog. Usahakan memilih nama domain yang unik namun masih mudah diingat dan diucapkan.

Salah satu keuntungan menggunakan wordpress.org adalah kamu bisa meng-hosting blog sendiri dan memiliki kontrol penuh pada blog. Untuk itu kamu butuh bantuan dari penyedia web hosting seperti Hostinger untuk mengonlinekan blog.

Ada beberapa jenis hosting, tapi untuk kebutuhan blog awal dan menengah, maka shared hosting bisa kamu pilih. Untuk informasi lebih lanjut mengenai web hosting bisa dilihat di halaman ini www.hostinger.co.id/web-hosting

Mengamankan Blog
Kejahatan cyber bukanlah hal yang baru. Untuk melindungi blog kamu dari ancaman kejahatan dunia maya seperti pencurian data, maka ada baiknya kamu memasang SSL di blog, yang akan ditandai dengan HTTPS.



HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) ada versi paling aman dan paling anyar dari HTTP Standar. Penggunaan HTTPS pada blog tidak hanya akan melindungi dari bahaya cyber crime, tapi juga bisa mempengaruhi SEO blog. Ditambah sekarang Google mulai menandai blog dan website yang masih menggunakan HTTP standar tidak aman. Jadi tidak ada alasan kamu tidak memasang SSL untuk blog. Untuk informasi mengenai cara kerja SSL dan bagaimana cara membelinya bisa kamu lihat di www.hostinger.co.id/beli-ssl

Desain Blog
Desain memiliki peranan penting untuk menarik perhatian pengunjung blog. Bila desain terlihat kuno, susah dinavigasi dan baca maka tidak akan menarik pengunjung blog untuk berlama-lama di blog. Padahal bisa saja konten blog menarik.

Coba kunjungi blog-blog lain dan catat apa yang kamu sukai dan tidak sukai dari segi desain. Dari situ kamu akan mendapatkan ide mengenai desain yang sesuai untuk blog. Jika memiliki uang lebih, kamu juga bisa meminta bantuan dari web designer profesional untuk merancang tampilan blog.

Tool Kit Blogging
Sebagai beauty blogger, ada beberapa peralatan blogging yang kamu perlukan untuk membuat konten seperti misalnya kamera. Tidak harus kamera mahal, yang penting adalah pada hasil akhir foto.

Selain kamera, kamu mungkin juga akan membutuhkan lighting, editing software, dan properti-properti lain untuk keperluan foto atau video.

Konten Blog
Pada akhirnya kesuksesan suatu blog bergantung pada konten. Usahakan untuk konsisten membuat konten, sehingga pembaca blogmu tahu kapan waktu kamu akan melakukan update. Coba buat konten dari sisi berbeda dengan gaya penyampaian yang mudah dicerna, bahkan untuk pemula sekalipun. Usahakan untuk melibatkan pengunjung dalam setiap konten, misalnya dengan mendorong mereka untuk berkomentar.

Mengembangkan Blog
Untuk mengembangkan blog tidak butuh waktu sekejap, kamu perlu konsisten ngeblog dan memasarkan konten yang sudah dibuat. Coba untuk lebih aktif di sosial media dan bergabung dengan komunitas blog seperti blogger perempuan network, komunitas emak blogger (KEB).

 0 Komentar  37
Login To Leave a Comment, Login Now
There are 0 replies

Be The First To Leave A Comment...