Lyrics
Radio
Zodiac

15 Cara Menanam Bunga Krisan Dengan Benar dan Perawatannya

Posted On : Knowledge - idpelago | Updated On : Jan 18, 2020

Bunga krisan atau yang biasanya dikenal dengan nama bunga seruni. Kita biasanya menjumpai bunga ini di rumah-rumah atau di acara pernikahan. Keindahan bunga krisan ini seringkali di manfaatkan sebagai bahan dekorasi di berbagai acara seperti acara pernikahan ataupun ulang tahun dan ada juga yang memanfaatkannya sebagai penghias ucapan selamat.



Untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai bunga krisan berikut penjelasan singkatnya. Bunga krisan atau bunga seruni sendiri awalnya sudah mulai muncul di zaman kapur dan merupakan salah satu jenis tumbuhan berbunga yang sering sekali ditanam sebagai tanaman hias. Bunga ini termasuk ke dalam suku kenikir kenikiran yang disebut Asteraceae yang mencakup semua jenis bunga krisan yaitu Crysanthemum.

Karena keindahan serta adanya filosofi yang baik pada bunga krisan, maka bunga ini telah dijadikan bunga nasional oleh Negara Jepang. Tidak hanya itu saja, adanya aroma wangi yang khas dan berbeda dari bunga lainnya maka bunga ini juga sering dijadikan minuman teh.

Dengan adanya kandungan yang terdapat pada bunga krisan, adapun khasiat serta manfaat yang didapat jika Anda rutin meminum teh bunga krisan. Diantaranya yaitu menurunkan kolesterol, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi maka Anda disarankan untuk sering-sering mengkonsumsi teh bunga krisan agar kadar kolesterol Anda stabil.

1. Tentukan Jenis Krisan

Untuk menanam krisan, Anda perlu menentukan jenis krisan apa yang ingin Anda tanam karena ada banyak sekali jenis krisan yang dapat Anda tanam, maka pilihlah jenis krisan yang bagus dari segi bentuk dan warna bunganya.

2. Lokasi Tanam Bunga Krisan

Lahan yang ideal untuk budidaya bunga krisan yaitu wilayah beriklim tropis. Suhu ideal untuk tanaman bunga ini yaitu sekitar 20-26 °C, Meski begitu bunga krisan tetap dapat tumbuh pada suhu 17°C – 30°C. Daerah yang baik untuk menanam bunga ini yaitu daerah yang memiliki ketinggina sekitar 700-1200 meter. Tanaman ini membutuhkan kelembaban udara cukup tinggi,terutama saat pembibitan yaitu sekitar 90%-95%, sedangkan jika sudah menjadi tanaman muda kelembaban yang dibutuhkan sekitar 75%.

3. Pemilihan Waktu Tanam Krisan

Waktu yang tepat untuk menanam bunga krisan yaitu di waktu dengan cuaca yang sedikit hangat. Seperti pada penghujung musim hujan yang diperkirakan datang pada sekitar bulan maret atau april, itu adalah waktu yang tepat untuk menanam bunga krisan. Jika Anda masih ragu dengan perkiraan cuaca karena seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sangat sulit untuk memprediksi cuaca.

Anda dapat melihat kondisi tanah disekitar Anda saat itu, perhatikanlah suhu tanah jika suhu masih dalam keadaan dingin yaitu kisaran pada 18 hingga 20 derajat celcius maka disarankan Anda menunggu suhu tanah hingga berada pada kisaran 20 hingga 23 derajat.

4. Pemilihan Lahan Tanam

Krisan merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan baik jika ditanam di tempat yang memiliki sinar pencahayaan cukup atau penuh. Namun jika Anda tidak memiliki tempat dengan pencahayaan penuh maka Anda bisa mencari tempat yang sekiranya memiliki pencahayaan penuh dalam beberapa jam sehari.

5. Persiapan Lahan Tanam

Untuk lahan yang akan Anda Tanami, Anda harus mengolahnya terlebih dahulu yaitu dengan menambahkan kompos pada area yang Anda pilih, anda dapat menggunakan alat sekop ataupun penggaruk kebun untuk menggemburkan tanah serta mencampurnya dengan kompos secara merata.

6. Penanaman Krisan

Dari 10 cara menanam bunga krisan dan perawatannya, ini merupakan langkah penting yang harus Anda tahu. Setelah lahan siap Anda hanya perlu menyiapkan bibit krisan yang siap tanam, Anda dapat mendapatkannya di toko bunga, toko bibit bahkan di koprasi tani. Lalu Anda dapat menggali lubang untuk menanam bibit krisan, buatlah lubang tanam sesuai dengan ukuran bibit krisan.

Anda dapat membuat lubang tanam menggunakan sekop kecil dengan kedalaman lubang tanam kurang lebih sekitar 3 cm lebih dalam daripada akar krisan.

7. Jauhkan Bunga Krisan Dari Cahaya Buatan di Malam Hari

Bunga ini merupakan tanaman yang hanya membutuhkan waktu siang yang singkat, hal ini bermakna tanaman ini membutuhkan periode gelap yang panjang untuk berbunga. Jadi, jangan sampe salah menilai, dalam pemeliharaannya, bunga kristan haruslah dijaga dan dipelihara dengan baik, agar hasil yang didapat memuaskan

8. Perawatan Krisan

Setelah selesai menanam, pastikan Anda merawat bunga krisan Anda dengan cara yang tepat agar dapat berbunga dan tumbuh dengan baik. Beberapa metode dalam perawatan krisan hampir sama dengan metode perawatan tanaman pada umumnya.
9. Berikan Pupuk Beberapa Kali Dalam Setahun

Sebaiknya, gunakan pupuk serbaguna seimbang. Berikan pupuk ini terutama selama masa pertumbuhan vegetatif untuk mencegah pertumbuhan bunga prematur. Setiap kali menyiram tanaman, gunakan larutan 20-10-20 atau larutan yang setara. Saat musim bunga dimulai, gunakan pupuk 10-20-20 atau yang setara. Anda hanya perlu menyiram serta memupuknya dengan benar.

10. Penyiraman Krisan

untuk metode penyiraman pada tanaman krisan berbeda dengan metode penyiraman pada umumnya, Anda boleh menyiram bunga krisan namun jangan sampai berlebihan. Pastikan ketika anda menyiramnya kondisi tanah lembab jangan sampai ada genangan air yang tersisa. Selain membuat tanah menjadi becek, itu akan membuat tanaman krisan cepat layu.

11. Pinching Krisan

Ketika Anda menanam bunga krisan, ada hal penting yang harus Anda lakukan dan tidak boleh terlewatkan yaitu pinching. Pinching sendiri merupakan pembuangan atau pemotongan pucuk yang tumbuh pada tanaman krisan di awal penanaman.

12. Tumbuh Bunga Pada Krisan

Setelah melewati proses tersebut, krisan akan berbunga ketika dalam keadaan gelap seperti pada malam hari. Dalam keadaan gelap tersebut bunga krisan cenderung dapat bertahan lebih lama dibandingkan ketika pagi atau siang hari. Dengan begitu anda dapat meletakkan bunga krisan di bawah cahaya matahari secara tidak langsung untuk memperpanjang usia bunga krisan.

13. Tumpuk Kotoran tanah di sekitar Bunga

Menumpuk tanah akan mencegah tanaman Anda dari kondisi sekarat, bahkan ketika menghadapi kondisi es naik-turun (pembekuan dan pencairan konstan yang dapat terjadi pada tanaman di musim dingin).

14. Jaga Area Tanaman Bersih

Bila serangga bunga krisan pada umumnya seperti kutu daun, tungau, thrips, dan leaf miners dengan sabun insektisida atau minyak hortikultura. Serangga tersebut dapat merusak pertumbuhan bunga krisan. Maka dari itu, jaga kebersihan bunga.

15. Pindahkan Bunga Krisan ke Lokasi Baru Setiap Tiga Tahun

Memindahkan lokasi tanaman Anda membantu mencegah masalah hama dan mengurangi risiko penyakit. (Baca bagian Membagi dan Memindahkan untuk instruksi lebih lanjut).

Login To Leave a Comment, Login Now
There are 0 replies

Be The First To Leave A Comment...

You May Also Like :