Lyrics
Radio
Zodiac

Suka Nulis? Mau Bikin Blog? Yuk Pahami Tips Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Bagi Pemula!

Posted On : Internet - idpelago | Feb 14, 2019

Anda suka menulis? lalu tertarik untuk memulai aktifitas blogging? Tapi tidak tahu harusnya memulai darimana dan tidak banyak pengalaman untuk terjun ke dalam bidang ini? Anda sadar kalau sebenarnya anda tidak mempunyai kemampuan teknis yang mumpuni? Dan sampai sekarang belum berhasil menghasilkan uang dari blog post yang pertama kali anda buat? Nah pada artikel kali ini, anda akan belajar bagaimana cara menghasilkan uang dari blogging, perlahan tapi pasti, penghasilan akan anda peroleh.



Bagaimanakah Cara menghasilkan uang dari blog?

pertanyaan inilah yang sering menjadi pertanyaan dari kebanyakan orang yang baru memulai perjalanannya dalam dunia Blogging. Yuk simak berikut adalah beberapa langkah dasar yang dapat anda gunakan untuk mengubah blog anda menjadi ladang emas!


  • Membuat blog

  • Menghasilkan konten yang bermanfaat

  • Menemukan pembaca

  • Membangun kedekatan dengan pembaca yang datang ke blog Anda

  • Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang ada.


Mudahkan? Untuk beberapa langkah yang disebutkan di atas memang cukup sederhana, tapi seiring dengan berjalannya waktu anda akan belajar semakin banyak proses yang lebih detail lagi.

1. Mulai Membuat Blog

Cara menghasilkan uang dari blog, langkah pertama yang harus yang anda lakukan adalah untuk memiliki sebuah blog. Walaupun langkah ini cukup jelas, namun janganlah menganggap remeh langkah yang satu ini karena ini malah dapat menjadi batu penghalang bagi kebanyakan blogger pemula yang memiliki sedikit atau tanpa latar belakang teknis.

Namun jangan khawatir, karena untuk membuat sebuah blog tidak sesulit yang anda bayangkan. Ada beberapa langkah sederhana yang perlu anda lakukan untuk memulai sebuah blog:

a. Pilih platform blog yang anda inginkan.

Untuk memulai sebuah blog anda wajib memilih platform blog atau alat yang akan anda gunakan sebagai tempat anda mengupload konten-konten anda agar dapat diakses oleh pengunjung situs blog anda. Ada banyak sekali pilihan platform blog yang tersedia sekarang ini, salah satunya adalah Wordpress.org platform paling populer dan yang paling banyak di pilih orang-orang.

b. Pilih nama domain yang gampang diingat dan hosting yang baik.

Nah langkah berikutnya yang perlu anda lakukan adalah menentukan nama domain blog anda agar blog anda memiliki alamat secara online. Setiap blog memiliki nama domain sendiri-sendiri, jadi anda dituntut untuk kreatif dalam memilih nama domain yang belum digunakan oleh orang lain, soal pemilihan nama ini usahakanlah untuk memilih nama yang sesuai dengan konten yang akan anda rencanakan.

c. mengkonfigurasi blog.

Bagi anda yang baru pertama kali mengunakan Wordpress, anda pasti akan kebingungan melihat bagian dashboard dan tidak tahu apa yang harus anda lakukan. Namun jangan khawatir karena anda dapat mengatasinya dengan mempelajari terlebih dahulu dasar-dasar mengunakan Wordpress melalui tutorial - tutorial yang banyak terdapat di Internet ataupun video tutorial dari Youtube.

d. Pilih design blog yang enak dilihat

Design blog ini juga sangat penting jika anda ingin blog anda menonjol di antara begitu banyak blog di luar sana. Ada banyak sekali tutorial yang mengajarkan bagaimana pengaturan dasar dan pemilihan tema Wordpress. Meski banyak pilihan tema gratis, anda juga bisa mengunakan tema berbayar (Premium) sebagai design tema dari blog anda.

2. Mulai ciptakan konten bermanfaat

Setelah anda memiliki sebuah blog, mulai untuk membuat dan mengisi blog anda dengan konten-konten yang bermanfaat. Kunci keberhasilan sebuah sangatlah ditentukan oleh konten - konten yang terdapat di dalam blog. Para pembaca sangat menyukai konten-konten yang dapat menginspirasi, menghibur, menyelesaikan masalah yang sedang mereka temui dan konten yang dapat mengubah kehidupan orang lain. Semua hal tersebut sangatlah penting untuk mengaet semakin banyak pembaca untuk kembali mengunjungi situs anda dan nantinya anda dapat menghasilkan uang dari blog anda.

3. Menemukan pembaca setia

Banyak orang melakukan kesalahan yang sama ketika mereka hendak membangun sebuah blog. Jika anda ingin menghasilkan uang dari blog anda, maka anda tidak boleh hanya berfokus pada pembangunan dan pengisian konten ke dalam blog anda saja, namun anda juga harus memperhatikan bagaimana anda dapat mempromosikan blog anda agar semakin banyak orang mengenal blog yang sedang anda kembangkan.

4. Berinteraksi dan Membangun hubungan dengan pembaca yang datang

Ketika Anda fokus menciptakan konten dan menemukan pembaca untuk blog, Anda mulai melihat pengunjung datang ke blog Anda dan menikmati konten yang Anda buat. Di titik ini Anda perlu mengubah fokus menjadi mendekati pembaca tersebut dan membangun komunitas.

Respon komentar yang mereka tulis, dekati pembaca secara personal, dan lakukan apapun yang Anda bisa untuk membuat mereka terus datang kembali ke blog Anda lagi dan lagi. Pertahankan pembaca yang sudah Anda peroleh bahkan solusikan dengan baik sehingga mereka akan menyebarkan berita tentang blog Anda, turut serta membangun blog Anda, sehingga lebih banyak diketahui orang.

Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang Anda milki melalui variasi saluran pendapatan

Empat langkah pertama, yakni memulai sebuah blog, menulis konten, menemukan pembaca, dan membangun kedekatan dengan pembaca, jadi dasar penting yang sangat Anda butuhkan sebelum Anda bisa membangun pendapatan jangka panjang di blog Anda.

Memang dibutuhkan kerja keras tapi bila Anda melakukannya dengan baik, berarti Anda memiliki kesempatan untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

 2 Komentar  24
Login To Leave a Comment, Login Now
There are 2 replies
2019-01-23 01:02
mas.syarif
Posts: 1
Saya suka nulis, tapi kok gak pernah menghasilkan ya?
2019-02-14 12:52
joni_andrean
Posts: 1
Nice Share