10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu
by agusprimata 3 weeks ago
10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan yang Tidak Banyak Orang Tahu

Bercocok tanam kini tidak hanya sekedar hobi untuk merawat bunga yang indah, beberapa orang justru lebih menyukai menanam tanaman obat seperti umbi-umbian. Fungsi dari umbian tersebut dapat dijadikan bumbu masak sekaligus obat herbal yang memiliki banyak khasiat. Salah satu yang cukup terkenal akan manfaatnya adalah temulawak. Umbi yang mirip dengan kunyit ini cukup mudah dibudidayakan. Jika selama ini pekarangan rumah Anda terbengkalai, cobalah menanam beberapa bahan obat herbal sehingga saat dibutuhkan tidak perlu membelinya di pasar. Ketahui juga cara mengolahnya supaya Anda dan keluarga dapat mengkonsumsinya dengan aman.

Obat herbal yang terbuat dari temulawak memiliki dampak yang bagus bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan kimia alaminya mampu memperlancar metabolisme serta menjaga kebugaran tubuh. Selain dijadikan minuman, tanaman ini juga dapat diolah menjadi kosmetik yang bagus bagi kulit. Kegunaan lainnya yaitu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti ginjal, hati, kanker, dan sebagainya. Pecegahan pun bisa dilakukan dengan menggunakan akar-akaran ini sebab khasiatnya bisa menambah ketahanan tubuh sehingga terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Anti-oksidan yang terkandung didalamnya dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah sehingga Anda terlihat awet muda dan cantik setiap hari.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Sejak dulu masyarakat sudah menggunakan tanaman ini sebagai bumbu masak yang bisa membuat rasa masakan semakin enak. Tanpa disadari banyak manfaat lain dari temulawak yang sangat penting bagi kondisi tubuh. Jika selama ini Anda meminumnya sebagai penghangat tubuh, selanjutnya Anda bisa mengolahnya menjadi lebih variatif agar semua anggota keluarga mau mengkonsumsinya. Tampilan luarnya memang kurang cantik, namun dibalik itu semua tersimpan zat-zat kimia aktif yang bisa dijadikan obat yang aman untuk semua usia. Bahan alami ini tidak menimbulkan dampak berbahaya bagi badan sehingga Anda sekeluarga bisa meminumnya tanpa khawatir muncul ruam di kulit dan bentuk alergi lainnya.

1. Menghambat sel kanker

image

Tanaman herbal banyak dimanfaatkan oleh bidang kedokteran untuk menangani beberapa kasus penyakit yang cukup sulit diatasi. Kanker menjadi salah satu ketidaknormalan tubuh yang sulit disembuhkan, belum lagi obat yang harus dikonsumsi sangat mahal harganya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan Curucumin pada bahan alami ini bisa memberikan efek yang sangat bagus yaitu menghambat perkembangan sel kanker. Jadi dengan konsumsi secara teratur, kesempatan untuk sembuh semakin besar.

2. Memperlancar pencernaan

image

Perut kembung merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami. Penyebabnya sangat beragam, ada yang karena masuk angin dan juga faktor makanan yang susah dicerna. Kondisi ini jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan sembelit. Saat ini banyak beredar obat herbal yang kandungan utamanya berupa ekstrak temulawak. Manfaat bahan ini untuk merangsang produksi empedu agar pencernaan kembali lancar. Anda juga bisa mengolahnya sendiri dengan mencampurkannya kedalam teh hangat. Kembung dan begah akan segera reda dan Anda bisa beraktivitas kembali tanpa gangguan.

3. Mengobati bisul

image

Penyakit kulit yang disebabkan oleh kuman ini bisa disembuhkan dengan meminum ramuan yang terbuat dari asam jawa dan temulawak. Khasiatnya untuk mengempeskan bisul sehingga rasa sakit segera hilang. Minum obat herbal ini secara teratur sampai sembuh. Agar rasanya tidak tawas, bisa tambahkan gula aren secukupnya. Cara ini dapat menyembuhkan sekaligus meningkatkan imunitas tubuh supaya tidak terserang penyakit itu lagi.

4. Menghilangkan capek

image

Campuran temulawak dan jahe merah mampu memberikan khasiat yang cocok bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas. Rebusan kedua bahan alami tersebut mampu menghilangkan rasa lelah dan capek serta merelaksasi otot. Minum selagi hangat dan istirahatkan badan agar keesokan harinya stamina Anda kembali fit dan tidak loyo.

5. Menurunkan kadar kolesterol

image

Pola makan yang tidak sehat dan jarang berolahraga menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar kolesterol. Masalah ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat herbal yang terbuat dari ekstrak temulawak. Zat kurkumaid lah yang membantu proses ini sehingga kadar kolesterol bisa kembali normal. Selain dikemas dalam bentuk kapsul, Anda juga bisa membuat ramuan sendiri dengan merebus tanaman tersebut dan diminum selagi hangat.

6. Menyembuhkan penyakit ginjal

image

Jika Anda berpikir penyakit gagal ginjal hanya bisa disembuhkan dengan cuci darah, saatnya Anda berpikir ulang. Banyak obat herbal yang terbukti mampu meringankan masalah ini dan secara berangsur-angsur menyembuhkannya secara total. Rebusan temulawak, meniran, dan daun kumis kucing dapat meredakan gagal ginjal. Untuk hasil yang maksimal, minum ramuan ini secara teratur 3 kali sehari sampai sembuh. Tetap jaga kondisi tubuh dengan tidak sembarangan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kimia berbahaya.

7. Mengurangi mual

image

Untuk ibu hamil yang sering merasa mual di pagi hari, kini ada cara yang lebih efektif dan tidak memberikan efek samping. Langkah amannya dengan meminum rebusan temulawak ditambah jahe dan sedikit gula untuk memberikan rasa manis. Khasiatnya akan terasa bila dilakukan secara teratur. Tidak hanya itu, obat herbal ini juga bisa menyembuhkan mual karena masuk angin dan kembung. Kondisi ini akan segera reda tanpa membutuhkan obat kimia sama sekali.

8. Menyembuhkan batuk

image

Beberapa dari Anda pastinya sering menyepelekan penyakit yang satu ini. Memang jika daya tahan tubuh bagus, batuk dapat sembuh dengan sendirinya tanpa meminum obat batuk. Namun jika ingin cepat reda, bisa meminum campuran air rebusan temulawak, jeruk nipis, dan madu. Rasanya sangat enak, tidak pahit, dan bisa Anda berikan kepada anak-anak. Karena semuanya terbuat dari bahan alami, tidak perlu takut dapat menimbulkan efek samping. Obat herbal ini 100% aman dan baik dikonsumsi setiap hari sebanyak 3 kali. Hentikan pemakaian saat penyakit tersebut sudah sembuh.

9. Menyembuhkan rematik

image

Rematik menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu karena Anda tidak bisa aktif bergerak. Masalah ini terjadi sebab sendi kaku sehingga terasa sakit saat digerakkan. Kerja yang terlalu keras bisa menjadi penyebab gejala rematik. Untuk mengatasinya bisa dengan mengkonsumsi obat herbal dengan merebus temulawak ditambah jahe merah. Rebus hingga airnya menyusut lalu minum selagi masih hangat. Minuman ini efektif meredakan rasa nyeri dan mengembalikan kondisi sendi agar dapat bergerak secara normal.

10. Meredakan asma

image

Gangguan pernafasan ini bisa disembuhkan dengan menggunakan obat herbal yang terbuat dari beberapa campuran tanaman alami seperti temulawak. Ramuan dari tanaman ini sanggup membuat gangguan asma hilang secara perlahan. Konsumsi secara teratur dapat membuat kondisi tubuh prima sehingga penyakit tersebut bisa hilang secara perlahan.

Setelah mengetahui beberapa manfaat temulawak yang sudah disebutkan diatas, semoga bisa memberikan tambahan informasi bagi Anda. Manfaatkan pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis tanaman obat sebab khasiatnya sangat bagus bagi kesehatan dan kecantikan. Tetap jaga kondisi tubuh dengan berolahraga dan istirahat teratur agar Anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Baca Juga :

1
Comments
Be First to Comment...