Search Anything :
  
Signup Now & Get a Free Backlink!
We can help you get more exposure!
Create Your Own Community
Kenali 7 Penyebab Hilangnya Nafsu Makan, Awas Penyakit Berbahaya!
by agusprimata 1 month ago
Kenali 7 Penyebab Hilangnya Nafsu Makan, Awas Penyakit Berbahaya!

Pada umumnya, seseorang yang mengalami penurunan nafsu makan sering kali disebabkan oleh karena dirinya sedang dihadapkan dengan berbagai masalah yang bisa membuatnya mengalami stres secara berlebihan. Hal seperti ini jangan dibiarkan berlarut-larut karena dapat menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Tentunya kita semua tahu bahwa makan adalah kebutuhan pokok setiap manusia, karena dari makanan tubuh kita bisa mendapatkan asupan gizi dan nutrisi secara cukup. Jika tubuh kekurangan asupan gizi dan nutrisi, maka tubuh akan terasa lemas dan mudah sekali terserang penyakit karena tubuh kekurangan energi yang diserap dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Ketika mengalami penurunan nafsu makan, maka sangat disarankan agar memaksakan diri untuk makan makanan sehat meskipun hanya sedikit. Karena dengan mendapatkan asupan makanan, maka tubuh dapat menyerap kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya.

Penyebab Nafsu Makan Berkurang

Ada banyak penyebab yang membuat seseorang mengalami penurunan nafsu makan, diantaranya yaitu:

1. Terserang Demam

image

Salah satu penyebab yang dapat membuat seseorang mengalami penurunan nafsu makan yaitu ketika sedang terserang demam, ketika kita sedang mengalami deman lidah menjadi terasa pahit ketika mengkonsumsi makanan. Jika sudah begini, maka sudah tentu nafsu makan pun menjadi menurun. Namun jika demam suda sembuh, biasanya nafsu makan akan kembali normal.

2. Stress Berlebih

image

Kondisi lain yang dapat menyebabkan seseorang tidak nafsu makan yaitu sering mengalami stres berlebih, karena bagi orang yang sedang dihadapkan dengan banyak masalah sering kali tidak berselera untuk makan dan biasanya mereka sering melamun dan mengurung diri. Jika kondisi ini dibiarkan berkepanjangan tanpa dilakukan penanganan, maka sangat dikhawatirkan kondisi stres tersebut akan membuat dirinya menjadi depresi. Salah satu solusinya yaitu dengan melakukan olahraga, karena dengan berolahraga dapat mengalihkan perhatian dan membantu menghilangkan stres.

3. Merasa Bosan

image

Penyebab lain yang dapat membuat seseorang kehilangan nafsu makan yaitu karena merasa bosan. Namun bukan bosan makan, melainkan bosan dengan makanan yang itu-itu saja tanpa adanya variasi menu makanan lainnya yang dapat membangkitkan selera makan. Jika memang itu masalahnya, mungkin anda harus mencoba makanan lain yang belum pernah anda makan sebelumnya dan anda bisa mencoba makan diluar atau meminta kepada pasangan anda untuk membelikan atau memasakan makanan yang berbeda. Dengan begitu, dijamin selera makan anda akan kembali meningkat.

4. Menderita Suatu Jenis Penyakit

image

Jika kondisi nafsu makan anda berkurang atau bahkan hilang tanpa sebab dan disertai dengan adanya gejala lain, maka mungkin saja anda sedang menderita suatu penyakit tertentu seperti penyakit. Sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter.

5. Faktor Usia

image

Penyebab nafsu makan menurun juga sering disebabkan oleh faktor usia. Seiring bertambahnya usia, maka kemampuan indera perasa pun akan semakin menurunan dan menjadi kurang peka. Kondisi ini sering membuat banyak orang tua yang mengalami penurunan nafsu makan.

6. Konsumsi Obat Tertentu

image

Menurunnya nafsu makan juga dapat disebabkan oleh karena efek dari mengkonsumsi jenis obat tertentu seperti fluoxetine, digoksin, quinidine dan hydralazine.

7. Merokok dan Minum Alkohol

image

Bagi pecandu rokok dan minuman beralkohol cenderung memiliki selera makan yang rendah, karena kebiasaan merokok dan minum alkohol menyebabkan selera makan menghilang. Untuk mengembalikan nafsu makan kembali normal, salah satu caranya yaitu dengan menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralokohol.

Itulah beberapa penyebab nafsu makan berkurang yang sering di alami oleh banyak orang, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu memberikan solusi terbaik untuk anda yang sedang mengalami penurunan nafsu makan.

Baca Juga :

0
Comments
Be First to Comment...