Search Anything :
  
Signup Now & Get a Free Backlink!
We can help you get more exposure!
Create Your Own Community
12 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Banyak Orang Tidak Tahu
by pakargizi 1 month ago
12 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Banyak Orang Tidak Tahu

Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat difavoritkan bagi banyak kalangan masyarakat, karena selain memiliki rasa manis dan lembut di mulut, ternyata buah pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang sangat lengkap sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Dari sekain banyak nutrisi yang terkandung di dalam buah pepaya, kandungan nutrisi yang paling banyak yaitu kandungan seratnya. Maka tak heran jika buah pepaya sangat ampuh untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan juga mengatasi masalah buang air besar.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Pepaya

image

Di dalam satu buah pepaya berukuran sedang terdapat kandungan berupa kalori sebanyak 120 kkal, karbohidrat sebanyak 30 gram yang didalanya terdiri dari ( 18 gram gula dan 5 gram serat), protein sebanyak 2 gram. Selain itu, buah pepaya merupakan sumber dari vitamin C dan pada satu buah pepaya berukuran sedang mampu memberikan asupan vitamin C sebanyak 224% dari kebutuhan vitamin C harian tubuh. Kandungan lain yang terdapat pada buah pepaya terdiri dari vitamin A, B, E, K, asam folat, asam pantetonat, magnesium, kalsium, kalium, tembaga, beta karoten, fiber, alfa, lutein, lycopene dan zeaxanthan.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

image

Berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam buah pepaya, banyak sekali manfaat yang dapat anda rasakan dengan rutin mengkonsusi buah pepaya secara rutin dan teratur.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C dan juga vitamin A yang terkandung di dalam buah pepaya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Oleh karena itu, buah pepaya ini sangat baik dikonsumsi secara rutin setiap hari agar tubuh dapat terhindar dari penyakit seperti infeksi, demam, flu dan pilek.

2. Sebagai Anti Inflamasi

Buah pepaya juga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit osteoporosis, arthritis dan edama. Hal ini dikarenakan, kandungan enzim yang terkandung di dalam buah pepaya mampu meringankan rasa sakit yang diderita. Selain itu, kandungan enzim juga dapat berfungsi sebagai anti kanker.

3. Memelihara Kesehatan Tulang

Apabila tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin K dalam jumlah cukup, maka tubuh akan sangat beresiko mengalami masalah patah tulang. Dengan mengkonsumsi buah pepaya dalam jumlah cukup setiap hari, maka kesehatan tulang akan tetap terjaga dan menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan, vitamin tersebut mampu mengubah protein matriks tulang, membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan juga mengurangi eksresi terhadap kalsium dalam tubuh.

4. Baik Dan Aman Bagi Penderita Diabetes

Kandungan serat yang tinggi sangat dibutuhkan oleh tubuh pada penderita diabetes, karena kandungan serat inilah yang mampu menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Oleh karena itu, meskipun memiliki rasa yang manis tetapi buah pepaya ini sangat baik dan aman dikonsumsi dalam jumlah yang cukup oleh mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Di dalam buah pepaya mengandung nutrisi yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk menjaga keshatan organ jantung agar terhindar dari resiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh karena di dalam buah pepaya mengandung serat, vitamin dan juga kalium. Terjadinya peningkatan asupan kalium dalam tubuh yang dilakukan secara bersamaan dengan penurunan terhadap asupan natrium merupakan aktivitas perubahan pola makan yang sangat penting, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan enzim yang terkandung di dalam buah pepaya ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mencegah terjadinya oksidasi terhadap kadar kolesterol, sehingga dapat menekan resiko penyakit jantung.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa buah pepaya ini merupakan salah satu jenis buah yang sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah pencernaan. Kandungan serat alami yang terkandung di dalam buah pepaya ini mampu melunakkan daging dalam pencernaan, bahkan kandungan serat dan air yang sangat tinggi di dalam buah pepaya terbukti efektif untuk mencegah sembelit. Melancarkan buang air besar (BAB) dan memelihara kesehatan pencernaan.

7. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Manfaat buah pepaya berikutnya yaitu dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Menurut hasil penelitian menjukan jika kandungan enzim yang terkandung di dalam buah pepaya mampu memberikan dampak positif terhadap pengurangan kadar protein, lemak dan karbohidrat dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah pepaya juga dapat meningkatkan sistem metabolisme menjadi smakin optimal dan membuat proses pembakaran lemak dapat berlangsung dengan baik.

Halaman Selanjutnya :

Baca Juga :

0
Comments
Be First to Comment...